Cara menghitung pajak penjual perumahan Palembang

Kita yang telah memiliki rumah, ada baiknya tahu seputar pajak jual beli rumah. Cara menghitung pajak penjual perumahan Palembang juga sebaiknya diketahui. Ini karena besaran pajak yang dibayar akan mempengaruhi uang yang diserahkan pada pembeli serta uang yang diterima penjual. Setelah ada kesepakatan soal harga antara penjual dan pembeli, kita wajib membayar pajak. Besaran pajak ini sendiri di luar harga rumah. Perlu diketahui satu per satu pajak yang ada kaitannya dengan objek pajak properti. Berikut akan dijelaskan satu per satu.

 

Ragam Pajak Properti Yang Perlu Kita Tahu

Jenis-jenis pajak memang sangat beragam. Sebelum mengetahui ragamnya, terlebih dahulu harus kita pahami tentang NJOP, serta NPOP. NJOP ialah Nilai Jual Objek Pajak atau nilai yang ditetapkan negara dan dijadikan dasar pengenaan pajak. Besaran NJOP akan berbeda di tiap daerah. Sementara NPOP adalah Nilai Perolehan Objek Pajak dan merupakan nilai yang didapat dari hak atas bangunan atau tanah. NPOP ialah nilai yang telah disepakati penjual serta pembeli rumah dan tercantum di dalam perjanjian pengalihan hak. NPOP serta NJOP seringkali dijadikan dasar perhitungan pajak properti, mulai dari BPHTB, PPh, PPN hingga PPnBM. Perhitungan Pajak Penghasilan atau PPh, contohnya, akan dibebankan pada penjual dan sebesar lima persen harga jual properti.

 

Pajak lain yang dibebankan pada penjual rumah ialah BPHTB dan besarannya pun sama-sama lima persen dari keseluruhan harga jual. Namun bedanya, perhitungan BPHTB masih dikurangi NPOPTKP atau Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak. Pembeli diharuskan membayar pajak sebagai tanda perolehan hak atas bangunan maupun tanah yang dibelinya. NPOPTKP sendiri ialah nilai pengurang dalam perhitungan BPHTB atas perolehan hak atas bangunan serta tanah. Nilai NPOPTKP akan berbeda-beda di tiap daerah. Ini akan menjadikan pengurangannya juga berbeda di tiap wilayah. Dasar pengenaan untuk jasa BPHTB ialah NPOPKP atau Nilai Perolehan Objek Pajak Kena Pajak. Penghitungan pajaknya harus kita tahu secara saksama agar lebih ada transparansi dan kita sendiri tahu berapa besarnya pajak yang masih tertanggung.

Arti BPHTB dan Cara Perhitungan Biaya BPHTB perumahan di Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *